Suplemen Kalsium yang Berlebihan Dapat Meningkatkan Risiko Kanker

Kamis, 11 April 2019 - 19:30 WIB
Suplemen Kalsium yang Berlebihan Dapat Meningkatkan Risiko Kanker
Suplemen Kalsium yang Berlebihan Dapat Meningkatkan Risiko Kanker
A A A
JAKARTA - Mengkonsumsi tablet kalsium secara berlebihan dinilai dapat meningkatkan risiko kanker. Menurut para ilmuwan di Tufts University, Amerika Serikat, mendapatkan nutrisi yang cukup dari sumber makanan lebih bermanfaat daripada mengonsumsi suplemen.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Annals of Internal Medicine menunjukkan bahwa asupan nutrisi tertentu yang memadai mengurangi risiko kematian dari penyebab apapun, ketika sumber nutrisi adalah makanan, tetapi bukan suplemen.

Seperti dilansir The Indian Express, para peneliti menemukan bahwa dosis tambahan kalsium melebihi 1.000 miligram per hari dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian akibat kanker.

“Karena potensi manfaat dan bahaya penggunaan suplemen terus dipelajari, beberapa penelitian telah menemukan hubungan antara asupan gizi berlebih dan hasil yang merugikan, termasuk peningkatan risiko kanker tertentu, ”kata Fang Fang Zhang, associate professor di Tufts University, AS.

“Penting untuk memahami peran nutrisi dan sumbernya dalam hasil kesehatan, terutama jika efeknya mungkin tidak bermanfaat,” tambah Zhang. (Baca juga: Diet Tak Sehat Lebih Berbahaya daripada Merokok ).

Studi ini menggunakan data dari lebih dari 27.000 orang dewasa di AS berusia 20 dan lebih tua untuk mengevaluasi hubungan antara penggunaan suplemen makanan dan kematian dari semua penyebab, penyakit kardiovaskular (CVD), dan kanker.

Para peneliti menilai apakah asupan nutrisi yang memadai atau berlebihan dikaitkan dengan kematian dan apakah asupan dari makanan versus sumber suplemen memiliki efek pada asosiasi. Hasilnya, asupan vitamin K dan magnesium yang memadai dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah. Sementara, asupan vitamin A, vitamin K, dan seng yang memadai dikaitkan dengan risiko kematian akibat CVD yang lebih rendah.

“Asupan kalsium berlebih dikaitkan dengan risiko kematian akibat kanker yang lebih tinggi,” kata tim peneliti. (Baca juga: Skandal Seks, Roy Kim dan Choi Jong Hoon Akui Berbagi Foto dan Video Ilegal ).

Ketika sumber asupan nutrisi dievaluasi, para peneliti menemukan bahwa risiko kematian yang lebih rendah terkait dengan asupan nutrisi yang memadai terbatas pada nutrisi dari makanan, bukan dari suplemen. Selain itu, para peneliti menemukan bahwa suplemen makanan tidak berpengaruh pada risiko kematian pada individu dengan asupan gizi rendah.

Sebagai gantinya, tim menemukan indikasi bahwa penggunaan suplemen vitamin D oleh individu tanpa tanda-tanda kekurangan vitamin D dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian dari semua penyebab termasuk kanker. Diperlukan penelitian lebih lanjut tentang koneksi potensial ini.

"Hasil kami mendukung gagasan bahwa, sementara penggunaan suplemen berkontribusi pada peningkatan tingkat asupan nutrisi total, ada asosiasi bermanfaat dengan nutrisi dari makanan yang tidak terlihat dengan suplemen," terang Zhang.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4495 seconds (0.1#10.140)